Produk makanan dan minuman lokal masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Hal itu terekam dalam survei Jakpat bertajuk Local Product Shopping Behavior in Indonesia yang dilakukan pada 24–25 Juli 2025 terhadap 1.394 responden. Survei ini memiliki margin of error di bawah 5%.
Mi instan menempati urutan teratas sebagai makanan lokal paling sering dikonsumsi. Sebanyak 81% responden menyebut mengonsumsi mi instan, dengan dominasi perempuan (84%) lebih tinggi dibanding laki-laki (78%). Dari sisi merek, Indomie dipilih oleh 40% responden sebagai produk favorit.
Selain mi instan, nasi dan produk olahannya masih kuat sebagai makanan pokok dengan tingkat konsumsi 76% responden. Sementara bumbu masak dan penyedap makanan juga menempati posisi tinggi, mencapai 68%, mencerminkan tren masyarakat yang mengutamakan kepraktisan dalam memasak.
Kopi dan minuman bubuk diminum oleh 67% responden, menandakan semakin meluasnya budaya ngopi. Roti dan kue kemasan pun cukup populer, dipilih 65% responden, terutama di perkotaan yang menginginkan makanan cepat saji.
Produk saus dan kecap juga menjadi bagian penting dalam keseharian masyarakat, dengan 63% responden mengaku terbiasa mengonsumsinya. Adapun susu dan olahannya berada di posisi terakhir dalam survei ini, hanya dikonsumsi oleh 55% responden.(NKR/D-1)
(Baca: Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak 2025, India Geser China)
Download aplikasi Dataloka.id di Android sekarang untuk akses informasi berbasis data yang akurat dan terpercaya.
Download aplikasinya di sini.
Atau gabung di WA Channel Dataloka.id untuk update data terbaru, di sini.