Berdasarkan laporan TMO Group, merek sepatu paling diminati di Indonesia per Mei 2025 adalah Ortuseight. Sepatu lari menjadi jenis sepatu yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di platform Shopee, mengungguli sepatu futsal dan sepatu sepak bola.
Merek lokal Ortuseight tercatat sebagai sepatu terlaris di Shopee Indonesia per Mei 2025, dengan kontribusi 35,5 persen terhadap total pendapatan dari sepuluh besar merek sepatu lari.
Di posisi kedua terdapat Adidas, merek asal Jerman, yang meraih 18 persen pendapatan. Sementara Heiden Heritage, merek lokal lainnya, menempati peringkat ketiga dengan pangsa 9 persen.
Posisi keempat masih diisi oleh merek lokal, 910, dengan proporsi pendapatan 7,3 persen. Puma, juga asal Jerman, berada di posisi kelima dengan 6,4 persen, disusul oleh Mills di peringkat keenam dengan 5,7 persen. Di posisi ketujuh ada Asics, merek asal Jepang, dengan kontribusi pendapatan sebesar 5,6 persen.
Kuatnya posisi merek sepatu lokal di pasar e-commerce menunjukkan kemampuan produk dalam negeri untuk bersaing dari segi kualitas dan harga dengan merek internasional. Kondisi ini membuka peluang bagi merek-merek lokal untuk memperluas pasar hingga ke tingkat global. (RK/D-1)
(Baca: Nilai Ekspor Batik Indonesia 2024 Capai US$164,41 Juta, AS Jadi Tujuan Utama)












