Selama lebih dari satu dekade, Indah (42), seorang ibu rumah tangga di Semarang, tak pernah mengganti layanan internet yang ia gunakan di rumahnya. Meski beberapa kali mengalami gangguan sinyal, ia tetap bertahan. “Sudah nyaman saja, malas ganti-ganti,” ujarnya. Indah bukan satu-satunya.
Fenomena ini ternyata terjadi secara luas. Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet di Indonesia memilih bertahan menggunakan provider yang sama selama bertahun-tahun. Mereka tetap setia, bahkan saat kualitas layanan tidak selalu konsisten.
Survei menemukan bahwa 38,5 persen responden telah menggunakan layanan dari satu provider yang sama selama 7 hingga 10 tahun. Sebagian lainnya, sebanyak 27,3 persen, tercatat telah menggunakan provider yang sama dalam rentang waktu 4 sampai 6 tahun.
Yang menarik, loyalitas ini bahkan bertahan lebih dari satu dekade. Sebanyak 17,8 persen responden mengatakan tetap memakai provider yang sama selama 11 sampai 15 tahun. Sementara 8,8 persen lainnya bahkan tidak berganti sejak lebih dari 15 tahun lalu.
Sebaliknya, pengguna baru justru tergolong minoritas. Hanya 0,6 persen responden yang menggunakan layanan dari provider yang belum genap satu tahun. Kelompok yang telah memakai layanan selama 1 hingga 3 tahun pun hanya mencapai 6,9 persen.
Data ini menunjukkan bahwa migrasi antarprovider tergolong rendah. Ketika seseorang sudah merasa cukup dengan satu penyedia layanan, maka kecil kemungkinan ia akan berpindah.
Survei ini dilakukan oleh lembaga riset KedaiKOPI pada 14–16 Mei 2025. Menggunakan metode Computer Assisted Self Interview (CASI), survei melibatkan 1.545 responden dari berbagai kelompok usia dan daerah di Indonesia.(NKR/D-1)
(Baca: Alasan Gen Z Tidak Melanjutkan Kuliah, Masalah Ekonomi hingga Pilihan Belajar Mandiri)
Download aplikasi Dataloka.id di Android sekarang untuk akses informasi berbasis data yang akurat dan terpercaya.
Download aplikasinya di sini.
Atau gabung di WA Channel Dataloka.id untuk update data terbaru, di sini.