Berdasarkan survei yang dirilis Jakpat, sebanyak 65 persen responden dari kalangan Gen Z mengalokasikan pengeluaran mereka untuk makanan dan kebutuhan harian. Angka yang sama juga tercatat untuk pengeluaran tagihan internet dan telepon.
Transportasi menempati urutan ketiga dengan persentase 48 persen, diikuti oleh tabungan sebesar 46 persen. Sementara itu, barang pribadi seperti pakaian dan produk kecantikan menyumbang 44 persen dari total pengeluaran.
Hiburan masih menjadi bagian dari gaya hidup Gen Z dengan alokasi dana sebesar 40 persen. Tagihan listrik dan air berada di posisi terbawah dalam dengan persentase 33 persen.
Hasil survei ini mencerminkan pola prioritas finansial Gen Z yang pragmatis dan berorientasi digital. Dalam lanskap sosial ekonomi yang semakin bergantung pada teknologi dan mobilitas tinggi, mereka menempatkan kenyamanan, akses informasi, serta konektivitas sebagai fondasi utama pengeluaran harian.(NKR/D-1)
(Baca : Survei Jakpat, Ini Kondisi Kesehatan Mental Gen Z di Indonesia)
Download aplikasi Dataloka.id di Android sekarang untuk akses informasi berbasis data yang akurat dan terpercaya.
Download aplikasinya di sini.
Atau gabung di WA Channel Dataloka.id untuk update data terbaru, di sini.